Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian

"Ilustrasi gambar tema Bulan Bahasa Bali VI 2024: Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023." (Sumber: Disbud Provinsi Bali).

Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian. Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 2 Tahun 2023 tentang Penyeleng-garaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 dan hasil rapat kepala sekolah, dewan guru, dan staf pegawai SD Negeri 3 Nyalian tanggal 5 Februari 2024, maka Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Februari 2024 sampai dengan 1 Maret 2024.

Bulan Bahasa Bali yang diadakan setiap tahun pada bulan Februari ini telah berlangsung selama 6 (enam) tahun dan tahun 2024 ini telah memasuki tahun keenam (VI).

Kegiatan Bulan Bahasa Bali ini merupakan salah satu upaya Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi untuk memperkenalkan Bahasa Bali dan menghargai Budaya Bali.

Selain itu, Bulan Bahasa Bali ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Bali khususnya warga SD Negeri 3 Nyalian tentang pentingnya melestarikan bahasa Bali, salah satu warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tersebut, kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 dilaksanakan dengan Tema: "Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga" yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali.

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 diwajibkan bagi lembaga pendidikan baik' tingkat PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, hingga Perguruan Tinggi se-Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru. Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan bagi lembaga pendidikan tingkat (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi) se-Bali antara lain:

  • Seminar (Widyatula);
  • Festival (Utsawa);
  • Lomba (Wimbakara);
  • Panggung Apresiasi Sastra (Sesolahan;, dan
  • Kegiatan lainnya yang relevan sesuai dengan jenjang.

Pembukaan Buan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian dilaksanakan dilapangan sekolah pada hari ini Senin, 12 Februari 2024. Karena Kepala Sekolah berhalangan hadir, maka kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian ini dibuka langsung oleh Guru Kelas 1 (I Dewa Ayu Sri Mahartini, S.Pd.SD).

Setelah pembukaan kegiatan Bulan Bahasa Bali VI ini dilanjutkan dengan berbagai Lomba (Wimbakara) sesuai jadwal dengan di bimbing oleh guru kelas masing-masing yang dibantu oleh guru mata pelajaran.

Demikian informasi tentang Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. Salam Edukasi. Salam Pancasila.

Post a Comment for "Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI 2024 di SD Negeri 3 Nyalian"