Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye (18/05/2024) di SD Negeri 3 Nyalian

Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye (18/05/2024) di SD Negeri 3 Nyalian

"Ilustrasi gambar kop surat Perayaan Rahina Tumpek Uye di Satuan Pendidikan." (Sumber: Disdikpora Kabupaten Klungkung).

Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye di SD Negeri 3 Nyalian Kecamatan Banjarangkan. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Klungkung telah menerbitkan surat dengan Nomor: 490.3.5/ 3176/ Disdikpora Tanggal 16 Mei 2024 Tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye di Satuan Pendidikan.

Perayaan Rahina Tumpek Uye atau disebut juga dengan Tumpek Kandang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali (210 hari) sesuai dengan Penanggalan Kalender Bali yang jatuh pada setiap hari Sabtu (Saniscara) Kliwon, Wuku Uye.

Adapun makna dari Perayaan Rahina Tumpek Uye (Tumpek Kandang) ini adalah hari suci umat Hindu sebagai bentuk (wujud) rasa syukur dan terima kasih kita kepada Binatang karena telah membantu manusia dalam kehidupannya. Disamping itu, kegiatan ini juga memiliki makna untuk memuliakan Binatang/ Satwa (Otonan Sarwa Wewalungan), baik berupa binatang peliharaan maupun binatang liar. 

Berdasarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Klungkung tersebut diatas, maka Perayaan Rahina Tumpek Uye (Tumpek Kandang) di SD Negeri 3 Nyalian pada hari ini Sabtu (Saniscara Kliwon, Wuku Uye), 18 Mei 2024 dilaksanakan dengan melakukan berbagai rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  • Kegiatan Sembahyang Bersama di Padmasana SD Negeri 3 Nyalian.
  • Kegiatan Resik Sampah di Sekitar Lingkungan SD Negeri 3 Nyalian.

Selain itu, Perayaan Rahina Tumpek Uye ini terlaksana mengacu juga dari Surat Instruksi Gubernur Bali Nomor: 3 Tahun' 2023 yang ditetapkan pada tanggal 6 Maret 2023. Informasi lebih lanjut tentang Surat Instruksi Gubernur Bali Nomor: 3 Tahun' 2023 lihat disini.

Setelah kegiatan Sembahyang Bersama di Padmasana selesai, kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Resik Sampah di sekitar lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan/ mengurangi sampah di sekitar lingkungan sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa SD Negeri 3 Nyalian.

Selengkapnya mengenai Surat Perayaan Rahina Tumpek Uye di Satuan Pendidikan dari Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Klungkung Format JPG adalah sebagai berikut:

Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye (18/05/2024) di SD Negeri 3 Nyalian

Demikian informasi tentang Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye (18/05/2024) di SD Negeri 3 Nyalian ini. Semoga Bermanfaat. Salam Edukasi. Salam Pancasila.

Post a Comment for "Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye (18/05/2024) di SD Negeri 3 Nyalian"