Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024!

Hari Lahir Pancasila, Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024!

Pada hari ini Sabtu, 1 Juni 2024 merupakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni memiliki makna historis yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Pengumuman Lahirnya Pancasila terjadi dalam Sidang Kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Momen ini merujuk pada peristiwa penting ketika Soekarno, dalam sidang BPUPKI yang diadakan pada 1 Juni 1945, menyampaikan pidatonya yang kemudian dikenal sebagai "Lahirnya Pancasila". Dalam pidato tersebut, Soekarno mengusulkan lima prinsip dasar yang kemudian menjadi "Pancasila", Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip/ asas, yaitu:

  1. Kebangsaan
  2. Internasionalisme/ Perikemanusiaan
  3. Demokrasi
  4. Keadilan sosial
  5. Ketuhanan yang Maha Esa

Pembentukan Pancasila sebagai dasar negara tidak berhenti pada pidato tersebut. Panitia Sembilan, yang terdiri dari berbagai tokoh nasional termasuk Soekarno dan Mohammad Hatta, bertugas menyempurnakan rumusan Pancasila. Akhirnya, pada 18 Agustus 1945, Pancasila disahkan dalam Mukadimah UUD 1945 sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni bukan hanya mengenang sejarah, tetapi juga mengingatkan kita untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong adalah fondasi yang menyatukan keberagaman Indonesia menjadi "Bhinneka Tunggal Ika."

Kami seluruh warga SD Negeri 3 Nyalian mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024!. Semoga semangat nilai-nilai Pancasila senantiasa membimbing kita dalam membangun Indonesia yang lebih bersatu, adil, dan sejahtera. Ayo rayakan dan peringati momen bersejarah ini dengan rasa bangga akan kebhinekaan dan semangat gotong royong.

Demikian informasi tentang Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024 ini. Semoga Bermanfaat. Salam Edukasi. Salam Pancasila.

Post a Comment for "Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024!"