Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jadwal Observasi Kelas Di PMM Periode Juli-Desember 2024 di SD Negeri 3 Nyalian

jadwal observasi kelas, Platform Merdeka Mengajar, PMM, observasi kelas SD, kinerja guru, pengelolaan kinerja, SD Negeri 3 Nyalian, Kurikulum Merdeka, peningkatan kualitas pengajaran, baseline kinerja, evaluasi guru, observasi kelas 2024, pengembangan profesional guru, pendidikan dasar, pembelajaran efektif.

"Foto tangkapan layar Jadwal Observasi Kelas di PMM Periode Juli-Desember 2024". (Sumber: Dok. Sekolah).

Jadwal Observasi Kelas di PMM Periode Juli-Desember 2024 di SD Negeri 3 Nyalian. Observasi Kelas di PPM (Platform Merdeka Mengajar) merupakan salah satu kegiatan penting dalam pengelolaan kinerja guru, terutama dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Di SD Negeri 3 Nyalian, observasi kelas di PPM (Platform Merdeka Mengajar) dilakukan secara terjadwal untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Melalui observasi kelas di PPM (Platform Merdeka Mengajar) ini, sekolah dapat menentukan batas dasar kinerja (baseline) sebelum melakukan upaya peningkatan.

Oleh karena itu, artikel ini akan memaparkan secara lengkap tentang jadwal observasi kelas di PMM periode Juli-Desember 2024 di SD Negeri 3 Nyalian.

Tujuan Utama Observasi Kelas

Menentukan Baseline Kinerja

Tujuan utama dari observasi kelas di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah untuk menentukan baseline kinerja guru. Baseline itu sendiri merupakan titik acuan tetap yang digunakan untuk tujuan perbandingan.

Dengan baseline ini, sekolah dapat mengetahui posisi awal kinerja guru sebelum memberikan masukan dan arahan untuk peningkatan. Hal ini sangat penting agar langkah-langkah perbaikan yang diambil bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Meningkatkan Kualitas Pengajaran

Selain menentukan baseline, observasi kelas di PMM (Platform Merdeka Mengajar) bertujuan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.

Dengan mengamati langsung proses pengajaran di kelas, Kepala Sekolah dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada para guru, sehingga kualitas pengajaran terus meningkat.

Jadwal Observasi Kelas Periode Juli-Desember 2024

Jadwal Persiapan Observasi Kelas di PMM

Untuk periode Juli-Desember 2024, Kepala Sekolah SD Negeri 3 Nyalian telah menetapkan jadwal observasi kelas di PMM (Platform Merdeka Mengajar) yang jelas.

Kegiatan observasi kelas ini dijadwalkan untuk memastikan bahwa setiap guru mendapatkan perhatian dan evaluasi yang mereka butuhkan untuk berkembang. Informasi tentang Jadwal Observasi Kelas Di PMM Periode Januari-Juni 2024 di SD Negeri 3 Nyalian disini.

Jadwal Pelaksanaan Observasi Kelas di PMM

Kegiatan observasi kelas di PMM di SD Negeri 3 Nyalian ini dilaksanakan berdasarkan hasil keputusan rapat Kepala Sekolah bersama Dewan Guru dan Staf Sekolah pada tanggal 15 Agustus 2024 lihat disini

Observasi kelas di Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD Negeri 3 Nyalian khususnya untuk periode Juli-Desember 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 9 September sampai dengan tanggal 18 September 2024.

Kegiatan observasi kelas di PMM (Platform Merdeka Mengajar) ini akan berlangsung selama 8 (delapan) hari. Para guru diharapkan telah mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk RPP atau Modul Ajar yang akan digunakan saat observasi kelas berlangsung.

Proses Pelaksanaan Observasi Kelas

Sebelum observasi kelas di PPM (Platform Merdeka Mengajar) dimulai, guru perlu melakukan persiapan yang matang, termasuk menyiapkan RPP atau Modul Ajar yang akan digunakan. Kepala Sekolah juga perlu berkoordinasi dengan para guru untuk memastikan bahwa semua persiapan sudah siap dan sesuai dengan rencana.

Pelaksanaan observasi kelas dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan menggunakan akun belajar.id yang telah terdaftar di Dapodik. Panduan selengkapnya mengenai langkah-langkah login ke aplikasi PMM versi Android maupun versi Web (Lihat Disini).

Selama observasi kelas, Kepala Sekolah akan mencatat target perilaku dan fokus observasi yang telah disepakati sebelumnya. Data ini akan digunakan oleh Kepala Sekolah untuk memberikan umpan balik yang akurat dan bermanfaat bagi para guru.

Tindak Lanjut Setelah Observasi

Setelah observasi kelas selesai, Kepala Sekolah akan memberikan umpan balik berdasarkan hasil observasi. Catatan-catatan yang telah dibuat oleh Kepala Sekolah selama observasi akan disampaikan kepada para guru sebagai bahan evaluasi.

Berdasarkan umpan balik yang diterima, para guru diharapkan untuk melakukan aksi perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Langkah-langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengajaran di kelas semakin berkualitas dan efektif.

Manfaat Observasi Kelas untuk Pengembangan Sekolah

Meningkatkan Profesionalisme Guru

Observasi kelas membantu meningkatkan profesionalisme guru dengan memberikan panduan dan rekomendasi yang jelas untuk perbaikan. Ini juga mendorong para guru untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran.

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Dampak dari observasi kelas juga sangat signifikan terhadap kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan pengajaran yang lebih baik, siswa akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi sekolah secara keseluruhan.

Adapun selengkapnya tentang Jadwal Observasi Kelas di PMM Periode Juli-Desember 2024 SD Negeri 3 Nyalian adalah sebagai berikut:

NONAMAJENIS GURUJADWAL OBSERVASI KELAS
KELASTANGGALJAM KEMATA PELAJARAN
1I Dewa Ayu Sri Mahartini, S.Pd.SDGuru KelasI9 September 20241-3Matematika
2Putu Yogi Sudyatmika, S.PdGuru PJOKV10 September 20241-3PJOK
3Ni Komang Trisna Dewi, S.Pd.SDGuru KelasIV11 September 20241-3Matematika
4Ni Wayan Krismayanti, S.AgGuru AgamaIV12 September 20241-3PAH-BP
5I Nyoman Danayasa, S.PdGuru KelasIII13 September 20244-5Pendidik Pancasila
6Ni Kadek Diana Sari, S.PdGuru KelasV17 September 20244-5Pendidik Pancasila
7I Wayan Angga Karsana, S.PdGuru KelasVI18 September 20244-5Pendidik Pancasila
8Ni Wayan Manik Wiryaningsih, S.PdGuru KelasII19 September 20241-3Matematika

⚠️CATATAN:

  • Pada saat observasi kelas diharapkan masing-masing guru mempersiapkan bukti dukung yang telah diunggah di aplikasi PMM.
  • Waktu jadwal observasi kelas di PMM bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat pelaksanaan.

Bagi rekan-rekan yang butuh Contoh Jadwal Observasi Kelas di PMM, silahkan lihat/ unduh pada tautan link tombol dibawah ini.

jadwal observasi kelas, Platform Merdeka Mengajar, PMM, observasi kelas SD, kinerja guru, pengelolaan kinerja, SD Negeri 3 Nyalian, Kurikulum Merdeka, peningkatan kualitas pengajaran, baseline kinerja, evaluasi guru, observasi kelas 2024, pengembangan profesional guru, pendidikan dasar, pembelajaran efektif.

Kesimpulan

Observasi kelas di PMM (Platform Merdeka Mengajar) adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan kinerja dan kualitas pengajaran di SD Negeri 3 Nyalian. Dengan adanya jadwal yang terencana dan pelaksanaan yang baik, diharapkan para guru dapat terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi siswa.

Harapan ke depannya, sekolah akan terus memanfaatkan hasil observasi kelas di PMM (Platform Merdeka Mengajar) ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih semakin baik dan kondusif bagi semuanya.

Demikian informasi tentang Jadwal Observasi Kelas di PMM Periode Juli-Desember 2024 SD Negeri 3 Nyalian ini, Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya para guru yang akan melaksanakan observasi di PMM. Salam Edukasi. Salam Pancasila.

Post a Comment for "Jadwal Observasi Kelas Di PMM Periode Juli-Desember 2024 di SD Negeri 3 Nyalian"